Sunday, January 4, 2015

15 Cara Menambah Tinggi Badan

Ternyata meski telah remaja, kita masih memiliki kesempatan untuk menambah tinggi badan, dan berikut adalah cara yang dapat dilakukan untu meninggikan badan secara alami. karena remaja cenderung akan lebih memperhatikan penampilan fisik mereka, termasuk untuk urusan tinggi badan. Sebab, banyak orang yang memimpikan tinggi badan yang ideal dan tubuhnya saat itu dirasa belum ideal.

Pertumbuhan tinggi badan memang akan terhenti pada usia tertentu. Pertumbuhan tinggi badan dipengaruhi oleh lempeng efifisis di ujung tulang. Saat lempeng efifisis menutup, maka saat itu pula pertumbuhan tinggi badan terhenti.

Perempuan diketahui akan lebih cepat terhenti pertumbuhan tinggi badannya. Pertumbuhan maksimal untuk perempuan akan terhenti maksimal pada usia 19 tahun dan pria pada usia maksimal 21 tahun.

Untuk itu, saat anak-anak hingga remaja adalah waktu yang penting untuk memaksimalkan tinggi badan. Berikut adalah beberapa cara meninggikan badan untuk anak-anak dan remaja seperti dilansir dari lama waysgrotallerfaster.com pada Minggu (4/1/2015).

1. Cukup tidur
Beberapa penelitian membuktikan bahwa tubuh manusia dapat tumbuh secara maksimal saat tidur. Tidur membuat sel-sel tubuh dan jaringan regenerasi bekerja secara efektif, termasuk pertumbuhan tinggi badan.

Bagi anak-anak dan remaja, waktu ideal untuk tidur adalah 7 jam, sementara untuk orang dewasa idealnya memerlukan waktu 6-7 jam.
2. Makan protein, zat besi dan kalsium
Makanan yang tepat secara signifikan dapat mempengaruhi tinggi badan. Makanan yang mengandung protein, zat besi dan kalsium baik untuk pertumbuhan tinggi badan tersebut.

Beberapa makanan yang mengandung protein, zat besi dan kalsium adalah telur, daging sapi, ikan, susu, keju, sayuran hijau, kacang kedelai, tahu dan jeruk. Usahakan agar makanan-makanan ini selalu terhidang di meja makan keluarga.

3. Olahraga rutin
Cara ampuh lainnya untuk meninggikan berat badan adalah dengan berolahraga secara teratur. Hal ini penting dibiasakan bahkan sejak kanak-kanak. Apalagi, dengan menjamurnya gadget saat ini membuat anak-anak semakin jarang bergerak, apalagi berolahraga.

Beberapa olahraga yang dapat meninggikan badan adalah sprint atau lari cepat dalam lintasan yang pendek, menendang, melompat, bersepeda, berenang dan lompat tali. Lakukan beberapa olahraga ini agar pertumbuhan tulang semakin cepat. Untuk anak-anak, tentu olahraga ini harus dalam pengawasan orang tua.

4. Sprint (Latihan cepat jarak pendek)
Latihan ini berfungsi meningkatkan pelepasan hormon pertumbuhan. Penekanan pada otot kai selama latihan berdampak pada pemanjangan tulang dan otot. Latihan ini jangan terlalu sering dilakukan karena dapat menyebabkan pembengkakan pada otot dan tendon. Sprint dianjurkan pada permukaan alami seperti lantai atau rumput, bukan beton.

5. Menendang
Berdiri dengan kaki lebar dan angkat satu kaki kemudian lakukan tendangan. lakukan berulang-ulang sampai 20 kali, karena berfungsi untuk memperpanjang tulang kering dan paha.

6. Lompat
Berdirilah di depan bangku atau tangga setinggi kaki. untuk memulai, lompat satu kaki dalam sepuluh hitungan. Lalu, Ulangi dengan kaki lain. Lakukan gerakan melompat hingga tiga kali.

7. Bersepeda
Dengan bersepeda membuat jari kaki terus mencapai pedal. Hal ini merupakan peregangan yang bisa membuat kaki lebih panjang. Bersepeda bisa dilakukan selama 0-15 menit. Anda juga dapat memakai sepeda statis atau stationary cycle.

8. Berenang
Olahraga berenang memang sangat baik untuk membuat tubuh fit dan fleksibel. Lakukan renang gaya dada dan lakukan minimal 20 menit.

9. Lompat tali
Latihan ini sangat menyenangkan apalagi dilakukan dengan sambil mendengarkan musik menghentak. Lakukan latihan ini sebanyak 300 kali setiap hari.

10. Berayun
Awali posisi dengan berdiri lalu biarkan tubuh berayun. Posisi kaki bisa lurus atau ditekuk, buatlah senyaman mungkin. Lakukan gerakan ini setidaknya 10 kali, dan alat yang digunakan yaitu penahan atau ambang pintu yang tinggi. Bisa didapatkan di toko peralatan olahraga.

11.Free hand
Berdirilah tegak dalam ruangan yang luas dan tarik napas dalam-dalam. Angkat tangan letakkan ditingkat bahu, lalu dorong tangan sejauh mungkin dan lepaskan napas. Ulangi 8-10 kali.

12. The Yawn
Berdiri dengan tangan saling berpegangan dibelakang kepala, lengkungkan badan ke belakang sejauh mungkin. Setiap repitisi harus dilakukan 5-15 detik

13. The Super Strecth
Berdiri lurus lalu naikkan tangan ke atas setinggi mungkin. Rasakan peregangan di punggung bawah Anda. Super strecth dapat dilakukan dengan berdiri ataupun berbaring. Setiap repetisi harus dilakukan 4-7 detik.

14. Hands on the Head Bow Down
Berdiri dengan kedua tangan dibelakang leher, membungkuk ke depan sejauh mungkin. Tempelkan jangan menekuk lutut. Setiap repetisi harus dilakukan 4-8 detik.

15. Istirahat yang cukup dan tidur teratur
Melakukan kegiatan memang baik bagi kesehatan tapi jangan terlalu berlebih tidak baik nantinya. Istirahat yang cukup dan tidur teratur 8 jam sehari.

No comments:

Post a Comment