Wednesday, October 22, 2014

15 Bahaya Mie Instan

Ini adalah 15 Bahaya yang akan timbul jika anda mengkonsumsi mie instan, ternyata mie instan sangat berbahaya bagi tubuh kita, karena komposisinya yang tidak menyehatkan tubuh, selain itu ada beberapa kandungan dalam mie instan yang sangat berbahaya untuk kesehatan bahkan dapat menyebabkan penyakit yang sangat mematikan. dan berikut adalah 15 bahaya yang akan anda alami jika mengkonsumsi mie instan:

1. Kerusakan pada Pangkreas
kerusakan pada pangkreas atau ginjal terjadi karena pada mie instan tidak terdapat nutrisi yang seimbang, kandungan karbohidrat pada mie instan cukup besar, namun tidak ada kandungan serat dan vitamin, hal ini akan membuat pangkreas bekerja secara berlebihan, dan dalam jangka panjang, maka pangkreas akan rusak dan berbagai penyakit berbahaya akan timbul, seperti sakit diabetes dan kencing manis.

2. Usus Lengket dan berlubang
Berhati-hatilah bagi Anda penggemar  mi instan.  Jika konsumsi berlebihan, mi instan berpotensi menyebabkan usus dalam tubuh mengalami lengket dan akhirnya bocor karena berlubang.

3. Kerusakan jaringan otak
Mengkonsumsi mie instan terus-menerus sama dengan menumpuk zat-zat kimia berbahaya dalam tubuh dan efeknya bisa merusakkan sel-sel jaringan otak. Akibatnya, akan terjadi penurunan transmisi sinyal dalam otak.

4. Menghambat penyerapan nutrisi
 Mie instant akan menghambat dan membatasi penyerapan nutrisi makanan. Terutama mereka yang di usia di bawah 5 tahun, disarankan sama sekali tidak diberi konsumsi mie. Mie ini berbahaya apabila sampai mencegah penyerapan nutrisi. Anak bisa kurang gizi, kerdil dan bahkan perkembangannya lambat. 

5. Menyebabkan Kanker
 Beberapa mie instant dikemas dalam styrofoam, di mana styrofoam adalah agen penyebab kanker. Utamanya mie instant yang hanya disajikan dengan direndam air panas, saat terkena panas, zat kimia di dalam styrofoam ini akan ikut bereaksi. Bayangkan saja bagaimana bila ia ikut larut dan masuk ke dalam tubuh. 

6. Menyebabkan keguguran Beberapa kasus keguguran
 mirisnya disebabkan karena mereka terlalu sering mengonsumsi mie instant. Ternyata mie instant memberikan pengaruh buruk pada janin, sehingga akhirnya keguguranpun terjadi. 

7. Mengacaukan metabolisme tubuh
 Apabila dikonsumsi terus menerus dan dalam jangka waktu yang panjang, maka mie instant dapat mengacaukan metabolisme tubuh. Akumulasi zat kimia berbahaya seperti pengawet dan pewarna akan menjadi racun di dalam tubuh. 

8. Bahayanya Propylene glycol Mie instant mengandung propylene glycol,
sejenis bahan anti beku yang akan mencegah mie menjadi kering. Apabila tubuh menyerap zat tersebut maka, ia akan ditumpuk di area hati, ginjal serta liver. Menyebabkan kerusakan pada tubuh, terutama tiga area tersebut kemudian melemahkan immune tubuh. 

9. Bahaya bagi pencernaan Apabila dikonsumsi lebih dari sekali dalam sehari.
 maka mie instant berpotensi membahayakan pencernaan. Problem pertama yang muncul adalah rasa begah, susah buang air besar dan ketidaknyamanan. 

10. Kegemukan/obesitas
 Mengonsumsi mie instant secara rutin juga menyebabkan kegemukan. Jumlah lemak dan sodium yang tinggi di dalam mie instant menyebabkan tidak dapat diserap tubuh dan akan tinggal menumpuk menjadi lemak. Tak heran apabila ia dapat menyebabkan berat badan Anda bertambah dalam waktu singkat. 

11. Terdapat lapisan lilin 
Mie instan juga mengandung lapisan lilin yang ditujukan agar mie tidak saling menempel satu sama lain. Lapisan ini akan tampak terlihat ketika proses perebusan mie tersebut. Terjadinya penumpukan zat ini dalam tubu h dalam jangka panjang juga dapat mengganggu sistem pencernaan seseorang.
Pemaparan tentang bahaya mie instan bagi kesehatan tubuh seseorang diatas cukup memberikan peringatan bagi kita agar tidak mengkonsumsinya terlalu sering. Apalagi sampai beberapa kali dalam sehari. 
Jika terpaksa harus sarapan dengan mie instan karena tergesa-gesa, bolehlah. Akan tetapi ingat, jangan terlalu keseringan apalagi sampai ketagihan. 

12. Kandungan MSG yang membahayakan pemilik alergi
 Dan Anda perlu khawatir karena kandungan monosodium glutamate dalam mie instant ini cukup tinggi. Mereka yang tidak tahan dan alergi terhadap MSG biasanya akan merasa selalu haus, dada terbakar, sakit kepala, wajah memerah dan nafas sesak. 

13. Darah Tinggi atau Hipertensi
Kandungan sodium Mie instant juga kaya akan kandungan sodium yang dapat menyebabkan darah tinggi, penyakit jantung, stroke dan kerusakan pada ginjal. Terutama jika sering dikonsumsi, potensi terserang penyakit tersebut sangat tinggi. 

14. Mie instant termasuk dalam junk food
Mie instant termasuk junk food yang mengandung karbohidrat sangat tinggi dan tanpa tambahan vitamin, mineral atau serat. Kandungan lemak jenuhnya juga tinggi sehingga kalori di dalamnya memberikan pengaruh buruk bagi kesehatan. Alangkah baiknya apabila Anda menggantikan mie instant dengan makanan lain yang lebih sehat dan bergizi. Demi si buah hati, keluarga dan diri Anda sendiri lho, mari hidup lebih sehat. Selain itu, ketahui juga cara menghilangkan racun dalam mie instant, dan makanan yang membuat wajah Anda cepat tua. Semoga bermanfaat!

15. Penyebab Penyakit Jantung
Mie, seperti kebanyakan makanan olahan lainnya, mengandung garam tinggi. Dan diet mineral dalam kadar tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.


No comments:

Post a Comment